Jika Anda calon pemilik bisnis, atau sedang mengembangkan usaha sablon, pasti pernah menanyakan hal berikut:

Mengapa customer lebih bahagia kaos brand A dibandingkan brand B? 🤔

Apa yang membuat pelanggan senantiasa setia pada satu merek, selagi brand lain terabaikan?

Jawabannya: bahan kaos itu sendiri.

Ya meskipun itu cuma salah satunya karena masih ada segi branding dan marketing.

Namun setidaknya, kualitas bahan adalah salah satu faktor utama kenapa customer bahagia dengan produk tersebut.

Bahan kaos adalah salah satu alasan didalam mendatangkan pelanggan

Nah, apakah bahan berikut adalah yang terbaik, tergantung pada ketentuan Anda.

Sejauh apa Anda mengenali jenis-jenis bahan kaos untuk usaha sablon, dan seberapa menyadari tentang berlebihan dan kekurangannya.

Karena di didalam usaha sablon kaos, memilih bahan yang tepat bukanlah hanya pertimbangan estetika atau kepraktisan, namun juga jadi pilar penentu kesuksesan usaha Anda dengan Custom kaos polo.

Bahan Kaos Terbaik dan Banyak Peminatnya

1. Cotton Combed 20s

Cotton Combed 20s adalah salah satu bahan kaos paling baik dan pilihan populer didalam usaha sablon karena tekstur yang halus dan berkualitas.

Bahan ini sering digunakan untuk kaos premium atau kaos bermerk. Gramasinya lebih kurang 190-200gsm, berarti memadai tebal.

Dengan kualitas dan kenyamanan yang ditawarkan, produk berbahan Cotton Combed 20s mampu dijual dengan harga lebih tinggi, sehingga potensial memberi tambahan margin keuntungan yang baik bagi pelaku usaha sablon.

Material ini mampu menyerap keringat dengan baik, makanya laku di pasaran Indonesia yang iklimnya tropis

Dengan bahan Cotton Combed 20s, hasil sablon lebih baik, cenderung lebih rapi dan detail.Meskipun begitu, bahan cotton combed 20s memadai sensitif dan perlu dicuci dengan hati-hati untuk hindari kerutan atau penyusutan.

2. Cotton Combed 30s

Cotton combed 30s adalah pilihan yang bagus untuk usaha sablon kaos.

Target pasarnya adalah: cari harga lebih terjangkau, namun kualitas masih baik dong 😎

Cotton Combed 30s dihasilkan berasal dari proses pengolahan berasal dari kapas lantas dipintal jadi benang. Gramasi Cotton combed 30s membawa 140-150s sehingga sedikit lebih tipis jikalau dibandingkan 20s.

Sama layaknya Cotton Combed 20s, Cotton Combed 30s juga miliki tekstur yang halus dan nyaman dikenakan. Walaupun tidak selembut Cotton Combed 20s, energi serapnya masih terbilang baik.

Hasil cetaknya tidak lebih optimal berasal dari Cotton combed 20s, namun bahan ini juga tinggi peminat karena biasa digunakan untuk kaos promosi, kaos event, atau kaos-kaos distro dengan harga lebih ekonomis.

3. Cotton Carded

Bahan kaos paling baik lainnya adalah Cotton Carded. Yang merupakan tipe kain yang terbuat berasal dari benang Carded, dengan komposisi seratus % katun.

Proses pembuatan benang Carded berbeda dengan Combed, yakni lewat metode Carding. Dalam proses ini, kapas digaruk dengan alat tertentu yang disebut mesin carding.

Cotton Carded mampu jadi pilihan yang baik untuk usaha sablon kaos dengan harga yang lebih terjangkau.

Bahan ini mampu digunakan untuk kaos promosi, kaos event, atau kaos distro dengan tujuan pasar yang melacak harga terjangkau tanpa mengorbankan kualitas.

Meski tidak sehalus Cotton Combed, Cotton Carded senantiasa menawarkan kenyamanan yang memadai tinggi dan hasil sablon yang baik.

Untuk tekstur sedikit lebih kasar dibandingkan Combed, namun berasal dari faktor ketahanan, Cotton Carded memadai kuat dan tahan lama.

4. Cotton Bamboo

Cotton Bamboo dimasukan sebagai pilihan bahan kaos paling baik karena beraneka berlebihan yang dimiliki.

Dengan bahan berupa anti bakteri atau penny quinone, kaos dengan bahan Cotton Bamboo membuat pengguna terbebas berasal dari bau tidak sedap. Cocok banget membuat mereka yang banyak aktivitas di luar

Kain ini miliki energi tahan 417 kali lipat lebih baik didalam menangkal dampak buruk berasal dari cahaya ultraviolet dibandingkan dengan bahan lainnya.

Dari sifatnya yang Cotton Bamboo terasa dingin selagi digunakan di musim panas dan menghangatkan selagi digunakan di musim dingin. Sebab energi kapilaritas tinggi, kain Cotton Bamboo juga tidak mudah lembab, lho!

Selain kegunaannya, kain Cotton Bamboo mudah terurai (degradable) dan juga didalam tipe kain yang ramah lingkungan.

Namun, karena bahan baku yang digunakan untuk membuat kain Cotton Bamboo lebih mahal dibandingkan dengan Cotton Combed, maka harga menjual produk ini juga akan relatif lebih tinggi.

Kain ini juga miliki pilihan warna yang tidak terlalu banyak, jadi Anda perlu mampu menyesuaikan permohonan customer.

5. Polyester

Polyester adalah tipe kain sintetis yang banyak digunakan didalam industri pakaian.

Bahan polyester biasa digunakan didalam pembuatan kaos olahraga karena sifatnya yang kuat dan tahan pada keringat.

Selain itu, juga mampu digunakan untuk kaos komunitas ataupun kelompok olahraga.

Harga terjangkau, dan proses sablon dilakukan oleh printer DTF atau sublim, menjadikan polyester sebagai salah satu bahan kaos paling baik untuk usaha sablon.

Tapi, polyester juga ada kekurangannya nih!

Karena tidak terlalu menyerap keringat dengan baik, bahan polyester sebetulnya tidak cukup nyaman untuk dikenakan didalam cuaca panas.

Anda juga perlu berhati-hati didalam mengfungsikan sablon pada bahan polyester, karena mampu meleleh atau terdistorsi selagi dipanaskan.

Untuk itu, kita anjurkan kenakan mesin Heat Press yang tepat kala proses pemanasan. Anda mampu memilih mesin pemanas dengan baik! Lihat disini Product List Mesin Heat Press nya

6. Blended Fabric

Blended Fabric berarti paduan berasal dari beraneka tipe serat. Kualitas berasal dari tiap tiap komponen serat dimasukkan didalam tekstil campuran ini.

Misalnya, Polycot adalah campuran polyester dan katun, selagi Polywool adalah campuran polyester dan wol. Kain yang dibikin berasal dari dua atau lebih tipe serat tekstil dikenal sebagai campuran dan paduan serat.

Blended fabric adalah pilihan populer untuk usaha sablon kaos karena mengkombinasikan berlebihan berasal dari beraneka tipe serat.

Dengan demikian, mampu digunakan untuk beraneka keperluan, terasa berasal dari kaos olahraga hingga kaos formal.

Hasil sablon pada bahan ini umumnya memadai baik dan tahan lama. Namun Anda juga perlu menyesuaikan dengan tipe printer yang dipakai.

Jika campuran serat katun lebih mendominasi, maka sebaiknya Anda mengfungsikan printer DTF atau DTG, sebaliknya jikalau polyester adalah komposisi utama, printer Sublim mampu mencetak lebih baik.

Anda mampu menyadari perbedaan Printer DTF, Printer DTG, dan Printer Sublim dengan melihat kelebihan dan spesifikasinya ya! 😁

Eitss, tidak cuman itu, terdapat Blended Fabric dengan campuran katun dan polyester. Jika kasusnya layaknya ini, lebih baik untuk lakukan test print terlebih dahulu. 👌

Sementara, kekurangan berasal dari Cotton Blended terdapat pada sifatnya, karena Cotton Blended juga mampu mengkombinasikan kekurangan berasal dari tiap tiap tipe serat.

Misalnya, campuran katun dan polyester barangkali tidak se-nyaman katun murni dan tidak sekuat polyester murni.

By admin