Cara Menentukan Jenis Flow meter merupakan perihal dasar pertimbangan didalam memilih sebuah flow meter, maka dari itu kita perlu sadar terlebih dahulu apakah flow meter itu?

Flow meter merupakan alat instrumen guna mengukur debit suatu aliran atau flow rate dari suatu fluida baik liquid (liquid flow meter), sludge ( sludge flow meter) maupun gas ( flow meter gas).

Aliran fluida ini sanggup bertemperatur rendah hingga temperatur tinggi. Dalam memilih flow meter perlu sesuai bersama dengan suasana fluid itu sendiri.

Karakteristik dari fluida yang diukur oleh flow meter amat luas  merasa dari tingkat corosive fluida dimana untuk fluida yang tingkat keasamannya tinggi mungkin lebih sesuai jika manfaatkan  flowmeter dari bahan PVC / non logam.

 Begitu juga untuk fluida yang punya kandungan banyak kotoran ataupun punya kandungan solid bersama dengan prosentase tertentu.

Untuk fluida yang bertemperatur tinggi pastinya digunakan matrial lain. Begitu juga untuk tingkat kepekatan matrial fluida style flow meter perlu disesuaikan. Untuk fluida yang diaplikasikan pada bahan makanan atau obat-obatan yang menuntut bahan pipa dan bahan flowmeter yang food grade, dapat lebih sesuai jika manfaatkan material stainless steel SUS 316L.

Begitu juga  untuk lingkungan yang corisive seperti dipantai atau tengah laut dan juga air laut  mungkin body dan flange flow meter lebih pas jika manfaatkan stainless steel.

Menentukan Jenis Flow Meter

Dalam memilih style flow meter dibutuhkan pemahaman yang benar dapat karakteristik fluid dan juga manfaatnya dan langkah kerja Flowmeter dan juga manfaat flow meter. Alat ukur flow meter membawa style dan juga style memadai banyak, terkait pada aplikasi dan teknology yang digunakan. Ada sebagian variabel yang perlu kita menentukan pas mengambil keputusan pemilihan Jenis  dan juga flow meter.

Variabel flow meter ini perlu ditentukan bersama dengan teliti, teliti dan sesuai bersama dengan aplikasi yang kita harapkan. Varibel pemilihan style flow meter tersebut sanggup dimasukan kedalam pertanyaan sebagai tersebut :

Jenis Fluid yang dapat digunakan pada flow meter : gas, water, chemical, oil , liquid gas, sludge, dll

Pengukuran flow meter hanya pada flow atau keseluruhan fluid yang mengalir atau kedua2nya

Viscosity dari fluid, Kebersihan/kekotoran dari fluid ( lumpur, banyak kotoran atau bersih ) yang mengalir ke flow meter

Tujuan dari Flow meter : sebagai alat ukur flow, keseluruhan volume, control, switch,  pengiriman sinyal electric yang berfaedah sebagai control ataupun knowledge ke pc atau Hand phone melalui sms.

Perlu tidaknya display pada flow meter atau electronic signal output or electrical output.

Besaran ( max dan min ) dari Flow rate, working Pressure, Temperature dari fluid yang dapat diukur flow meter

Perlu tidaknya sistem kedap air pada flow meter ( water proof) atau daerah yang mudah terbakar atau explossive atau  yang setandart

Penggunaan untuk bahan kimia dan makanan seperti tingkat keasaman dari fluid atau perlu food grade untuk matrial flow meter yang sering digunakan di industry obat atau makanan dan minuman.

Ukuran dari pipa dimana flow meter ini di install juga manfaatkan sistem lanjutan flange atau ulir atau fitting

Sistem insatallasi flow meter : Vertical atau horizontal.

Keterangan lain yang dibutuhkan didalam memilih style flow meter gara-gara pada dasarnya flow meter sanggup dibuat/dipesan sesuai bersama dengan permohonan pemesan (custom).

Flow Meter terbagi didalam sebagian style yang sesuai bersama dengan manfaat dan aplikasi flow meter. Hal ini perlu digunakan sebagai acuan untuk memilih style flow meter yang sesuai bersama dengan kebutuhan, tersebut ini adalah style style flow meter :

Orifice Flow Meter

Jenis ini sanggup digunakan untuk mengukur aliran cairan, gas dan juga sanggup di aplikasikan pada aliran uap. Flow meter style ini terbuat dari bahan UPVC, PE dan PP atau PTFE amat sesuai untuk aplikasi chemical dan corosive. Jenis ini juga di aplikasikan untuk cairan material yang kental seperti cairan slude atau mengukur gas yang membawa tingkat humidity yang tinggi.

Glass Tube Flow Meter

Jenis flow meter ini banyak digunakan untuk aplikasi pemasangan bersama dengan sistem vertikal dan besaran flow rate yang sanggup segera terbaca pada tabung kaca yang mana kaca tersebut terbuat dari bahan kaca memadai baik yaitu pyrex glass. Jenis flow meter ini banyak digunakan ketika instalasi pipa cairan tidak membawa daerah horisontal yang memadai sehinggga tidak amat perlu daerah yang luas.

Coriolis Mass Flow Meter

Jenis flow meter ini merupakan alat untuk mengukur massa cairan yang bergerak didalam tabung tertentu. Seperti digunkan di didalam mesin, dimana bahan bakar dapat bergerak melalui saluran bahan bakar dimana jumlah minyak yang benar perlu dihitung dan tiap tiap sistem lain dimana jumlah persisnya substansi perlu diketahui. Flow Meter style ini mengukur massa fluida.

Ultrasonic Flow Meter

Ultrasonic flow meter merupakan alat ukur bersama dengan langkah kerja tidak mengukur secara segera ( inferensial ) gara-gara sensor tidak segera mengukur kecepatan aliran fluida didalam pipa, yang diukur adalah selisih waktu,  bersama dengan mengukur pas transit pulsa suara pada frekuensi yang tinggi (high-frequency sound pulses) yang melintasi pada pipa beraliran fluida.

Turbine Flow Meter

Turbine Flow meter pada dasrnya manfaatkan prinsip dari woltmann rotating vane meter, dimana didalam Flow meterterdapat vane atau turbine atau impeller yang dapat berputar pas fluid mengalir kedalam flow meter sehingga memadai pas digunakan untuk mengukur fluid yang flow nya rendah tapi memiliki pressure yang amat tinggi.

Electromagnetic Flow Meter

Electromagnetic Flow Meter merupakan style flow meter yang membawa populasi tertinggi untuk Flowmeter yang digunakan mengukur aliran fluid baik berwujud air atau cairan lainnya baik aliran yang corosive, kotor dan lumpur. Karena pemakiannya yang memadai banyak sebagian besar para produsen flow meter membawa product style electromagnetic flow meter.

By admin