Jika perairan telah tercemar maka kehidupan di dalamnya terhitung akan terganggu. Mengingat akibat yang ditimbulkannya, pencemaran air wajib kami cegah atau kami tanggulangi. Berikut ini adalah dampak dan pencegahan pada pencemaran air.

Dampak pencemaran air  Beberapa dampak pencemaran air, adalah:  Air yang tercemar banyak mempunyai kandungan organisme yang berbahaya dan sebabkan banyak penyakit.

Umumnya, organisme selanjutnya bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama hingga ditransmisikan ke tubuh manusia, seperti cacing-cacing parasit, bakteri-bakteri patogen, dan lain-lain maka perlu menggunakan Flow Meter Air Limbah.

Limbah pertambangan yang berupa asam bisa sebabkan korosi dan melarutkan logam-logam supaya air yang dicemari berupa racun dan bisa memusnahkan kehidupan akuatik. Logam berat yang masuk ke dalam tubuh hewan laut akan terkumpul di dalam tubuhnya.

 Jika hewan laut yang telah tercemar logam berat dikonsumsi manusia, akibatnya terlampau berbahaya. Misalnya mengakibatkan rusaknya saraf, kanker, kemandulan, dan sebagainya.

Pencemaran air yang berat terhitung bisa sebabkan bahan pencemaran meresap di dalam tanah. Akibatnya, air tanah yang menjadi sumber air untuk minum, cuci, dan mandi terhitung tercemar.

 Biasanya air tanah yang tercemar susah sekali dikembalikan menjadi air bersih. Pencemaran berasal dari limbah pertanian sebabkan blooming algae atau eutrofikasi. Akibatnya, permukaan air tertutup oleh ganggang supaya mengurangi cahaya matahari yang menembus air.

Hal selanjutnya sebabkan terhambatnya proses fotosintesis fitoplankton di dalam air. Jika fotosintesis terhambat, maka persentase oksigen yang terlarut akan menurun. Keadaan demikianlah tentu terlampau merugikan makhluk hidup yang tinggal di dalam air.

Pencegahan dan penanggulangan pencemaran air Beberapa pencegahan dan penanggulangan pencemaran air, yaitu:  Penanggulangan pencemaran air oleh limbah industri  Pencemaran air oleh limbah industri bisa dicegah dengan langkah berikut:  Setiap pabrik wajib mempunyai penampungan limbah. Limbah pabrik kemudian diproses atau diolah, dengan demikianlah bahan limbah yang berupa zat-zat beracun bisa dihilangkan.

Mengurangi pemanfaatan bahan-bahan berbahaya dalam kegiatan pertambangan dan menggantikannya dengan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan.

Penanggulangan pencemaran air limbah pertanian  Pencemaran air oleh limbah pertanian bisa dicegah dengan langkah sebagai berikut: Mengatur pemanfaatan pupuk buatan, bila manfaatkan pupuk hanya waktu tanaman tumbuh, tidak memupuk lahan kosong, tidak memupuk ketika hujan, dan tidak menyingkirkan sisa pupuk ke sungai maupun danau. Menggunakan pestisida yang enteng diuraikan oleh alam. Menggunakan metode yang lebih alami untuk mengendalikan, bila manfaatkan musuh alami hama (biological control).

Penanggulangan pencemaran air limbah tempat tinggal tangga Pencemaran air oleh limbah tempat tinggal tangga bisa dicegah dengan cara: Membuat area pembuangan sampah dan penampungan limbah Memilah sampah organik berasal dari sampah anorganik. Sampah organik bisa dijadikan kompos. Sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang. Menggunakan deterjen secukupnya Mengurangi pemanfaatan bahan bakar fosil dan menambah penghijauan untuk mengurangi pencemaran udara yang bisa sebabkan terjadinya hujan asam.

By admin