Pada sistem penambangan alat yang beroperasi tidak cuma Alat Gali Muat dan Alat Angkut lho sobat, tersebut adalah sebagian alat berat yang lazim ikut serta didalam sistem penambangan:

1. MOTOR GRADER

Yaitu alat berat bersama dengan pisau panjang atau yang biasa disebut blade yang digunakan untuk meratakan permukaan didalam sistem pekerjaan perataan. Umumnya grader miliki tiga as roda, bersama dengan mesin dan kabin berada di atas as roda belakang di satu ujung kendaraan dan as ketiga pada bagian ujung depan kendaraan, bersama dengan blade berada di antaranya.

Di sebagian negara grader dilengkapi bersama dengan blade ke-2 yang ditaruh di bagian depan as roda depan. Rentang kapasitas blade adalah berasal dari 2,50 sampai 7.30 m serta rentang kapasitas mesin menjadi berasal dari 93–373 kW (125–500 hp).

Motor Grader miliki peran yang sangat penting di lokasi operasi pertambangan, mengingat lokasi penambangan merupakan lokasi tanah terbuka bersama dengan suasana awal yang tidak rata.

Dalam sistem pembuatan jalan di tambang, grader sangat dibutuhkan sehingga jalan yang dibikin bisa serata barangkali dan semudah barangkali untuk dilewati oleh kendaraan angkut tambang.

2. BULLDOZER

Merupakan jenis peralatan pertambangan bertipe traktor yang gunakan track atau rantai serta dilengkapi bersama dengan pisau atau yang biasa kita sebut sebagai blade yang terletak di depan. Bulldozer diaplikasikan untuk pekerjaan menggali, mendorong dan menarik material.

Selain blade sebagai perlengkapan standar Bulldozer, pada segi belakang Bulldozer bisa dipasang perlengkapan tambahan berupa:

Ripper untuk membongkar material yang tidak bisa digali gunakan blade, kebanyakan untuk pekerjaan pembuatan jalan tambang.

Winch untuk menarik material, kerap digunakan pada pekerjaan pengeluaran kayu di hutan atau kala land clearing tmabang

Unit yang banyak di gunakan di dunia pertambangan adalah unit yang diproduksi oleh pabrikan asal jepang yang bernama KOMATSU, unit komatsu banyak tersebar hampir di semua pertambangan batubara di indonesia.

3. WATER TRUCK

Adalah kendaraan yang berguna sebagai unit pembawa air untuk melaksanakan beragam kegiatan diantaranya untuk penyiraman jalan tambang, karena mengingat jalan tambang adalah lahan kosong yang sangat berdebu. Penyiraman jalan tambang oleh water truck ditujukan untuk mengurangi debu yang masuk ke lokasi masyarakat sebagai akibat berasal dari sistem pertambangan.

Untuk pemesanan: jual dump truck

 4. TOWER LAMP

Menara lampu kebanyakan terdiri berasal dari seperangkat penghasil kekuatan berbentuk genset, lengkap bersama dengan tangki bahan bakarnya. Kemudian dipadukan bersama dengan menara hidrolik yang ketinggiannya begitu banyak ragam tergantung berasal dari kebutuhan.

Kebanyakan tambang yang beroperasi di tempat terpencil, membawa dampak keberadaan lighting tower ini sangat dibutuhkan. Sebab, lokasi tambang yang jauh berasal dari jangkaun jaringan listrik, mengharuskan pasokan listrik yang independent bersama dengan kekuatan pencahayaan yang tinggi. Oleh karena itu, syarat utama berasal dari lighting tower ini perlu membawa kekuatan tahan pada segala cuaca dan enteng untuk dipindahkan cocok bersama dengan lokasi di mana kegiatan pertambangan pada malam hari dilakukan.

 5. FUEL TRUCK

Truk pengangkut bahan bakar pada umumnya. Perbedaan kecil truk bahan bakar di tmabang bersama dengan truk bahan bakar pada kebanyakan adalah terletak pada ban yang digunakan. Biasanya ban truk pengangkut bahan bakar di tambang gunakan ban tertentu yang handal untuk digunakan pada tanah tambang. Fungsi tertentu fuel truk pada tambang adalah untuk membawa bahan bakar alat-alat berat pertambangan yang kesulitan bergeser atau tidak bisa berpindah.

6. WATER PUMP

Saat sistem pertambangan berlangsung, pada kebanyakan bakal menciptakan cebakan air baru yang sangat besar karena penggalian besar-besaran yang dilakukan. Cebakan air ini bakal terisi oleh air hujan dan terhitung air yang muncul berasal dari tanah sebagai akibat berasal dari tanah yang digali. Tempat berkumpulnya air ini disebut sebagai sump.

 Ketinggian air di sump perlu bisa dikendalikan sehingga tidak bisa mengganggu sistem penambangan yang berlangsung. Karena itu dibutuhkan water pump untuk menguras air yang udah terkumpul pada sump. Jenis dan jenis water pump yang digunakan sangat tergantung bersama dengan suasana sump pada tempat penambangan berlangsung.

 7. COMPACTOR

Dalam pertambangan, compactor atau roller terhitung kategori alat pemadat tanah. Alat ini dipakai untuk memadatkan tanah yang bakal dijadikan jalan, sehingga dump truck bermuatan penuh tidak bakal amblas kala melewati jalan tersebut.

By admin